Apa itu profiling data ?

Apa itu profiling data ?

Apa arti dibalik kata Data Profiling

Dalam dunia siber, profiling data adalah salah satu pencarian informasi terhadap orang yang di targetkan. Mencari sejumlah informasi-informasi yang berkaitan dengan target mulai dari akun sosial media, data orang tua hingga kerabat-kerabat terdekat / tetangga.
Namun tidak semua orang dapat memiliki akses untuk melakukan kegiatan profiling, hanya tim siber dari tni/polrilah yang mempunyai akses tersebut. Adapun orang diluarnya dapat melakukan pelaporan untuk kegiatan profiling tetapi tidak begitu saja langsung di approve, butuh beberapa hari baru di approve karena laporan tersebut harus di foward ke tim siber tni/polri dan di acc.
Jejak digital memang kejam, sekalipun target tidak memiliki media sosial tim siber dapat melakukan profiling dari kerabat-kerabat yang diketahui dekat dengan target. Jika tetap masih belum ditemukan hasil, tim akan terus melakukan profling melalui data-data orang tua yang skemanya melalui KK (Kartu Keluarga).
Nomor handphonepun juga bisa di trace lokasinya melaui 3 BTS terdekat berdasarkan provider kartu yang digunakan target. Teknik ini sering di kenal dengan teknik triangulasi, sehingga dapat melacak target berdasarkan teknik diatas.
Balik lagi teknik itu hanya bisa dan yang memiliki akses tersebut adalah tim siber tni/polri, jadi pelacakan lokasi berdasarkan nomor handphone bukan lagi mitos. Bacotan ini saya buat hanya sebagai edukasi agar kalian tetap berhati-hati dalam melakukan sesuatu di media sosial maupun di kehidupan nyata.
Sekian bacotan saya, Salam.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama