Windows 32bit dan 64bit, Ini Dia Perbedaannya !


Tekinfom.com - Windows 32bit dan 64bit, Ini Dia Perbedaannya !, Windows merupakan sistem operasi yang paling popular di Indonesia. Pemakainya sudah tak terhitung lagi lantaran sebagian besar laptop atau computer memakai sistem operasi ini. Terdapat beberapa jenis serta tipe Windows yang dipakai di Indonesia serta selain itu ada pula basis system yang berlainan diantara Windows ini.

Windows 32bit dan 64bit, Ini Dia Perbedaannya !


Selama ini ada dua basis system yang tidak sama yakni 32 bit dan 64 bit. Terkadang pemakai tak memperhatikan basis Windows yang dipakai ini, apakah 32 bit atau 64 bit. Walau sebenarnya untuk pemakaian, ada ketidaksamaan diantara keduanya serta ketidaksamaan itu dapat beresiko pada kinerja. Sebetulnya apa sajakah ketidaksamaan dan keunggulan serta kekurangan Windows 32 bit serta 64 bit? Di bawah ini yaitu penjelasannya.

1. Jumlah RAM yang Bisa Digunakan 

Windows 32bit dan 64bit, Ini Dia Perbedaannya !

Ketidaksamaan mendasar yang paling banyak di ketahui oleh beberapa pemakai yaitu jumlah maksimal RAM yang dapat dipakai. Tiap-tiap basis system mempunyai batasan yang tidak sama. Untuk Windows berbasiskan 32 bit mempunyai jumlah batasan RAM yang lebih kecil daripada 64 bit. Windows 32 bit mempunyai batas optimal pemakaian RAM cuma kurang dari 4GB (sekitaran 3, 2 GB) serta akan bekerja lebih maksimal saat memakai RAM 1 atau 2 GB. Sedang Windows 64 bit bisa membaca sampai lebih dari 4GB RAM. Bila pada Windows 32 bit dipasangkan RAM sebesar 4GB jadi yang bakal terbaca cuma sampai 3GB saja. Hal semacam ini karena sebab ada ketidaksamaan arsitektur processor pada 32 bit serta 64 bit.

2. Performa 32 bit serta 64 bit 

Windows 32bit dan 64bit, Ini Dia Perbedaannya !

Ketidaksamaan basis sistem Windows 32 serta 64 bit sebetulnya tergantung oleh kapabilitas prosesornya. Sudah pasti bila dibanding, tehnologi processor 64 bit lebih baru daripada 32 bit. Windows 32 bit dengan processor 32 bit juga, mempunyai kekuatan berada dibawah 64 bit. Hingga paduan Windows serta processor ini cuma pas untuk melaksanakan pekerjaan enteng serta membuka aplikasi yang tidak terlalu berat. Sedang Windows serta processor 64 bit pas dipakai untuk melakukan pekerjaan yang lebih berat seperti design, video editing, dan lain-lain.

3. Kekuatan dalam Mengolah Data 

Windows 32bit dan 64bit, Ini Dia Perbedaannya !

Ketidaksamaan arsitektur pada Windows serta processor 32 serta 64 bit pasti akan begitu mempunyai pengaruh pada performa computer tersebut. Angka 32 serta 64 sesungguhnya mewakili jumlah data yang bisa diolah dalam satu kali putaran. 32 bit berarti saat lakukan satu kali sistem, data yang dimuat yaitu sebesar 32 bit. Jadi dalam satu kali pemrosesan data, Windows, serta processor 64 bit lebih cepat serta optimal.

4. Kompatibilatas Software 

Windows 32bit dan 64bit, Ini Dia Perbedaannya !

Ketidaksamaan yang cukup mempunyai pengaruh juga yaitu kompatibilitas software yang bisa dipakai. Windows 32 bit akan tidak dapat menggerakkan software 64 bit. Sedang Windows 64 bit lebih leluasa lantaran bisa menggerakkan software 32 ataupun 64 bit. 

Keunggulan serta Kekurangan Windows 32 serta 64 bit 

Keunggulan Windows 32 bit : 


  • Bisa menggerakkan software serta aplikasi lawas dengan basis 16 bit. 
  • Lebih cocok dengan driver yang lebih lama. Pas untuk laptop atau computer lawas. 
  • Bisa bekerja dengan maksimal walau cuma dengan RAM 2GB 


Kekurangan Windows 32 bit : 


  • Cuma sedikit software baru yang kompatibel 
  • Tak dapat memakai RAM sekitar lebih 4GB 
  • Tak dapat dipakai untuk software berat seperti After Effects 


Keunggulan Windows 64 bit : 


  • Lebih cepat serta efisien 
  • Dapat membuat kemampuan processor lebih optimal 
  • Bisa menggerakkan software 32 bit 
  • Pas untuk menggerakkan software paling baru yang memprioritaskan grafis 


Kekurangan Windows 64 bit : 


  • pas untuk PC lawas

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama