Cara Menghasilkan Uang dari Blog "TIDAK GAMPANG"!


Cara Menghasilkan Uang dari Blog "TIDAK GAMPANG"!

Anda Blogger pemula?, anda belum paham dan belum punya bayangan bagaimana cara blog bisa menghasilkan uang?, anda juga percaya bahwa ada cara cepat untuk menghasilkan uang dengan blog anda?, atau anda selalu gagal mengelolah blog dengan cara anda? walaupun anda mahir dalam menulis artikel?, atau blog anda sepi pengunjung walaupun anda menulis artikel yang bagus setiap hari dengan menggunakan cara anda? dan segudang masalah lainnya yang dihadapi dalam mengelolah blog  agar bisa menghasilkan uang.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog "TIDAK GAMPANG"!


Menghasilkan uang atau mendapatkan penghasilan dengan blog yang dikelola dengan menggunakan tangan dan pikiran serta cara kita sendiri memang sangat menyenangkan, dan tidak dipungkiri bahwa menjadi seorang blogger harus mempunyai sifat disiplin dan kemampuan yang memadai untuk berkompetisi dengan blogger lain. Jika anda memang sudah setengah frustasi atau bahkan sudah menyerah dalam mengelolah blog  dengan cara yang anda gunakan selama ini, anda harus membaca artikel ini sampai tuntas sehingga anda paham, dan mengetahui cara apa yang harus diperbaiki dengan teknik / cara pengelolahan blog anda.

Saya akan mencoba menjelaskan step / cara menghasilkan uang dari blog untuk pemula, dan beberapa konsep serta teknik /  cara yang sudah dilakukan oleh para master blogger sebelum anda & sebelum saya, hal yang mungkin luput dari pemikiran atau bahkan hal yang menurut anda hanya sebuah isapan jempol belaka. Kunci menhasilkan uang dengan memanfaatkan media blog adalah : Konten, Trafik, komunikasi efektif dan monetize.

I. Konten

Konten adalah raja, itulah fakta dan realita untuk bisa membangun sebuah blog yang besar dan berkembang. Apakah anda menyadari " Apa yang dicari oleh pengguna internet ? ", apa yang diinginkan oleh user saat mereka berselancar di internet?, Jawabannya adalah INFORMASI. Dan ini adalah sebuah fakta bahwa orang menggunakan internet pertama-tama bukan karena ingin membeli sesuatu, namun mereka ingin mendapatkan sebuah informasi yang mereka butuhkan untuk dirinya, yaitu sebuah informasi yang benar-benar mereka butuhkan saat itu. atas alasan ini tidak ada cara lain untuk dapat menarik pengguna internet kecuali kita dapat menyuguhkan informasi yang baik dan menarik untuk para pembaca. konten adalah cara master-blog untuk menghasilkan uang dari blognya.


Cara Menghasilkan Uang dari Blog


Sampai pada langkah ini, apa yang seharusnya kita lakukan untuk bisa menarik pembaca, agar mereka membaca informasi kita terus lantas akan berujung dengan transaksi penjualan?. Cara yang harus kita lakukan adalah :

1. Ubah Minat, Hobi, Bakat, Keahlian yang kita miliki menjadi Informasi yang dibutuhkan oleh pembaca

Cara Menghasilkan Uang dari Blog "TIDAK GAMPANG"!

Percayakah anda bahwa setiap individu yang ada didunia ini pasti mengetahui sesuatu yg lebih dari yang diketahui oleh individu yang lainnya, bahwa minat, hobi, bakat dan keahlian setiap individu berbeda antarasatu dengan lainnya. Dan Anda pasti mempunyai sesuatu yang paling anda sukai, minati, kuasai dan itu menjadi keahlian anda selama ini.

Ketika anda sudah menyadari bakat dan keahlian yang anda miliki langka selanjutnya adalah mulailah memilih topik yang anda kuasai dengan bakat dan keahlian yang anda miliki.

hal ini tercermin dari :

  •  Hobi
  •  Bakat
  •  Keahlian
  •  Dan topik yang paling anda kuasai

Cara Menghasilkan Uang dari Blog "TIDAK GAMPANG"!


Tenik / Cara yang digunakan untuk membidik keyword dari topik yang anda kuasai yaitu dengan menggunakan " Teknik / Cara Riset Keyword ", jika anda tidak melakukan Teknik / Cara ini sama saja anda berperang tanpa mengetahui keadaan / situasi dimedan perang, hal ini akan menjadi suatu yang sia-sia belaka. dimana anda bisa belajar Teknik / Cara riset keyword, silakkan anda baca artikel saya mengenai " Cara Riset Niche Keyword dengan Google Adwords ", dengan menggunakan riset keyword kita bisa membidik keyword yang banyak dicari oleh pembaca terhadap topik yang kita akan buat. Semakin tinggi kompetisi keyword maka akan semakin banyak trafik yang datang ke blog yang kita kelola. ( Hayo sempurnakan blog anda dengan cara dan skill yang baik agar blog anda bisa menghasilkan, menghasilkan, menghasilkan.... ).

2. Ciptakan Konten yang berkualitas, unik, bermanfaat dan dibutuhkan oleh pembaca

Ciptakan Konten yang berkualitas, unik, bermanfaat dan dibutuhkan oleh pembaca

Konten Berkualitas adalah alasan orang ingin membaca dan mengunjungi blog anda. membuat konten yang berkualitas merupakan faktor kunci, jika blog anda ingin menghasilkan uang dengan maksimal, kualitas suatu blog tersirat dengan konten yang disajikan didalamnya. tanpa ada konten yang baik maka tidak akan ada pembaca dan hal ini sangat tidak mungkin melakukan komunikasi untuk menghasilkan uang menggunakan blog anda. ( Konten berkualitas merupakan Cara, lagi-lagi Cara yang digunakan untuk menghasilkan Uang )

3. Baclink

Backlink

Apakah itu Backlink ?, secara sederhana baclink merupakan link tautan dari blog / web lain yang mengarah ke blog kita. anda bisa membangun web dummy, tukeran link atau membuat konten yang baik dan bermanfaat sehingga blog lain merekomendasikan blog anda melalui backlink di blognya, atau dengan mengunjungi blog lain yang masih mempunyai konten yang serupa dengan blog kita dengan mengisi komentar dan menautkan link didalamnya. " Untuk teknik / cara penerapan Backlink tunggu artikel saya selanjutnya ". ( Cara Menanamkan backlink merupakan cara jitu untuk menghasilkan uang dari blog ).

4. Membuat konten sebanyak-banyaknya agar blog kita kaya dengan keyword

Membuat konten sebanyak-banyaknya agar blog kita kaya dengan keyword

Sebuah Fakta bahwa blog dengan banyak artikel akan menjerat lebih banyak pembaca, dan bahwa google dan alexa pun akan memberikan reputasi serta peringkat yang baik apabila blog kita selalu update secara berkala, Google dan alexa menyukai blog yang selalu update. Semakin banyak judul dan keyword yang kita buat maka akan semakin kaya keyword yang dimiliki oleh blog kita.

Sebagai kesimpulan bahwa langkah awal yang harus anda lakukan di awal dari monetize suatu blog adalah tidak memikirkan jenis monetize yang akan kita pasang diblog kita, melainkan fokus terhadap konten serta teknik / cara blog untuk mendapatkan keyword yang sebanyak-banyaknya dari blog kita. sebelum kita melakukan optomasi blog lebih dalam lagi dengan menggunakan teknik / cara SEO.
( Cara Menghasilkan Uang dari Blog "TIDAK GAMPANG"! ).

II. Trafik

Pada pembahasan bab konten kita mempelajari dan mengetahui pentingnya arti dari sebuah konten yang berkualitas untuk blog yang kita kelolah, maka pada pembahasan trafik ini kita akan mempelajari arti penting trafik bagi blog selain dari konten yang berkualitas.

Trafik Blog


Konten adalah raja, iya itu adalah realita yang tak bisa untuk dipungkiri, kita harus mempunyai konten yang berkualitas, serta konten yang terbaik diantara yang baik, akan tetapi perlu juga di ingat dalam dunia blog konten bukan merupakan faktor vital dalam mengelolah blog, sebagus apapun konten yang anda buat dan anda produksi untuk blog anda apabila tidak ada trafik / pembaca maka hal yang anda buat akan menjadi sebuah sia - sia belaka, hal ini dikarenakan konten terbaik yang anda miliki tidak ada yang membaca sama sekali. ( Catat dan ingat cara - cara ini agar blog anda bisa menghasilkan uang ).

Hmmmm....., kok bisa ya tidak ada yang membaca konten terbaik? bukannya konten yang unik dan berkualitas sangat dicari oleh orang?. Jawabnya TIDAK. Konten yang baik itu merupakan hal yang sangat penting, akan tetapi antara konten dan teknik / cara menarik pembaca itu merupakan dua hal yang sangat berbeda.

Oleh sebab itu runutan atau urutan untuk membangun sebuah blog yang full power mempunyai urutan dan target yang sangat jelas, sebelum mulai mengenalkan blog anda kedunia luar maka syarat yang harus terpenuhi adalah " Konten Berkualitas ", konten yang berkualitas tersebut menjadi modal anda untuk mempromosikan blog anda kedunia maya. nah pertanyaan selanjutnya bagaimana saya mendapatkan trafik untuk blog yang saya buat?. ( Perhatikan cara - cara berikut ini agar blog bisa menghasilkan uang ).

Oke. Secara umum sumber trafik bisa diklasifikasikan menjadi 2 dua : 

  1. Trafik Gratis, trafik ini umumnya berasal dari mesin pencari (Google, yahoo, bing), sosial media, sosial bookmark dan forum.
  2. Trafik Berbayar / Premium, Umumnya trafik ini berasal dari iklan yang kita pasang pada pihak ketiga seperti iklan adword, facebook ads dll.


Meskipun anda bisa melakukan dua teknik / cara tersebut ( Trafik Gratis & Berbayar ) untuk menghadirkan pembaca masuk dan membaca blog anda, maka tetap anda harus tetap fokus untuk mendapatkan trafik dengan memanfaatkan trafik gratis. hal ini dikarenakan kalau kita memanfaatkan iklan berbayar, ketika kita melakukan promosi melalui iklan maka banyak trafik yang masuk kedalam blog kita, akan tetapi apabila iklan berbayar yang kita gunakan sudah selesai maka trafik yang diberikan oleh iklan terputus otomatis trafik pembaca ikut terputus. ( Cara Menghasilkan Uang dari Blog "TIDAK GAMPANG"! ).

Berikut beberapa cara untuk mendapatkan trafik gratis :

1. Daftarkan blog ke mesin pencari

Cara ini adalah langkah awal anda untuk memperkenalkan blog yg anda buat ke mesin pencari ( Google, yahoo, bing ), agar mesin mencari men crawl blog serta artikel yang anda buat, sehingga ketika judul artikel di ketikkan di mesin pencari akan muncul artikel anda disana.


2. Share Konten ke Sosmed

Cara selanjutnya untuk bisa memperkenalkan blog yang sudah kita buat adalah dengan share artikel yg sudah kita buat dengan memanfaatkan media sosial, media sosial yg baik untuk membangun blog dan memperkenalkan blog yg sudah kita buat adalah facebook, google+, pinterest. update algoritam google terbaru menitik beratkan sinyal sosial media dengan mengacu terhadap 3 sosial media tersebut.

3. Optimasi SEO Onpage pada blog anda

Ketika konten dan share sudah kita lakukan maka langkah / cara selanjutnya dalam mengelolah blog adalah segera memperpaiki  struktur Onpage blog yg kita mikili agar blog yg kita miliki lebih optimal dimata mesin pencari. Apa itu " Seo Onpage " Baca artikel saya yang membahas teknik / cara seo secara mendalam dalam " Belajar Seo ".

4. Bangun Backlink

Membangun sinyal OffPage pada blog yang kita kelola merupakan teknik / cara penyempurna Seo secara keseluruhan, kegiatan membangun backlink memang sangat berefek pada rangking dan reputasi website / blog dimata mesin pencari sehingga  akan mempengaharui SERP (Search Engine Result Page). Semakin banyak baclink naturan yg anda miliki maka akan semakin baik SERP Blog anda dimata mesin pencari Google. ( Cara Menghasilkan Uang dari Blog "TIDAK GAMPANG"! )

Strategi menaikkan trafik blog dengan promosi

Berikut juga saya lampirkan beberapa teknik / cara promosi blog secara gratis:

  1. Memberikan komentar pada blog lain
  2. Memanfaatkan feature signature pada portal forum yang terkenal
  3. Memanfaatkan FeedBurner
  4. Memanfaatkan layanan RSS
  5. Mencatumkan nama blog di signature email pribadi anda
  6. Memanfaatkan situs Social Bookmarking seperti Digg.


Selain cara - cara yg saya sebutkan diatas masih banyak cara yg masih bisa dilakukan dalam mempromosikan blog anda secara gratis, maka temukan cara efektif lainnya untuk bisa memaksimalkan promosi blog anda secara efektif dengan menggunakan cara yg anda rasa efektif dalam mengembangkan blog anda. ( Cara Menghasilkan Uang dari Blog "TIDAK GAMPANG"! )

III. Komunikasi Efektif & Pelayanan

Komunikasi Efektif dan Pelayanan

Bisnis itu membangun komunikasi efektif dua arah, terlihat konsep banget akan tetapi memang transaksi bisnis membutuhkan komunikasi efektif 2 arah yang baik. Membangun komunikasi bisnis yg baik akan menghasilkan penjualan yang baik pula, atau bahkan hal yg paling dalam mendapatkan penjualan yg baik. Sadarkah anda kalau barang dan jasa yg kita tawarkan pasti mempunyai kompetitor yg akan berhadapan dengan kita secara langsung dikemudian hari, kualitas baik yang kita buat bisa saja dimiliki oleh kompetitor juga, karna kualitas bisa di ukur dan dihitung oleh kompetitor.

Sampai sini kita membutuhkan suatu hal yang unik yang bisa membuat pembeli atau pelanggan kita menyukai barang dan jasa yg kita tawarkan, hal apa yg bisa kita berikan dan bersifat unik?, Hal yang bisa kita berikan adalah "Pelayanan dan Komunikasi yang baik" bagi pelanggan kita. Hal ini juga bisa menjadi acuan dasar kita dalam mengembangkan blog yg kita kelolah pastikan pembaca merasa nyaman, dan mendapatkan komunikasi 2 arah untuk meningkatkan kepercayaan pembaca. ( Anda sedang membaca : Cara Menghasilkan Uang dari Blog "TIDAK GAMPANG"! )


Berikut Cara Efektif untuk melakukan teknik / cara efektif dalam mengembangkan blog yang anda sedang kelola :

teknik / cara efektif mengembangkan Blog

1. Tulis Konten yang dibutuhkan oleh pembaca Blog anda

Berikan konten yg sangat dibutuhkan oleh pembaca blog anda, hal ini akan membuat anda dihargai serta dihormati oleh pembaca blog yang anda kelola. Konten yg bermanfaat dimata pembaca akan menjadi faktor pemicu kepercayaan pembaca terhadap anda dan blog anda.

2. Berilah layanan semaksimal munkin

Hal berikutnya adalah memberikan layanan maksimal bagi pembaca anda, dari sini anda sudah perlu menggunakan deatline pembuatan konten secara berkala dan juga menggunakan komunikasi 2 dua arah dengan pembaca anda dengan membalas komentar dari pembaca blog anda.

3. Berikan Bonus bagi pembaca blog anda

Bonus merupakan hal yg paling menarik bagi pembaca blog anda, jika di portal jual beli yg menarik bagi pembeli adalah diskon dan gratis ongkos kirim, maka di blog hal yang paling menarik adalah bonus yg anda berikan kepada pembaca anda, bonus bisa berupa ebook gratis atau layanan, produk gratis yg anda berikan secara cuma-cuma kepada pembaca anda, tujuannya agar anda mendapatkan kepercayaan dan pengikut lebih banyak lagi.

4. Jangan Memaksa Pembaca blog anda

Hal yang biasa dilakukan oleh blogger pemula adalah menempatkan iklan pada blognya secara brutal, secara brutal disini adalah memasang iklan dengan jumlah banyak sehingga menutupi konten yg sudah dibuat, Jangan memaksa pembaca anda untuk melihat iklan dan melupakan konten yg ada didalam blog kita, hal ini akan membuat pembaca menilai blog kita merupakan blog iklan dan membuat pembaca kita kabur sedikit demi sedikit.

VI. Motesisasi

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Ketika anda membaca bab ini sudah dipastikan blog anda siap untuk menghasilkan uang, kalimat yang sangat enak jika dibaca " Menghasilkan Uang ". setelah melalui banyak rintangan dan kita tanamkan dalam diri kita bahwa blog saya harus bisa menghasilkan uang, menghasilkan uang, menghasilkan uang. Maka pembahasan Monetisasi ini akan membahas bagaimana blog anda bisa menghasilkan uang untuk anda. Akan tetapi anda harus baca sampai selesai bab ini karna Cara Menghasilkan Uang dari Blog "TIDAK GAMPANG"!.

Ketika anda sudah menyelesaikan sebuah konten terbaik dan sudah melakukan promosi blog baik secara gratis ataupun berbayar maka langkah selanjutnya anda bisa mulai memikirkan tentang monetisasi blog yang anda miliki. langkah monetisasi yg dilakukan bisa lakukan secara langsung maupun secara tidak langsung.

1. Monetisasi Langsung

Motesisasi Langsung adalah langkah yg dilakukan untuk memanfaatkan program monetisasi seperti Google Adsense, iklan PPC Lokal, Affiliate Program atau menulis review terhadap program afiliasi.

2. Monetisasi Tidak Langsung

Monetisasi Tidak Langsung biasanya dilakukan dengan memanfaatkan blog yang kita miliki sebagai sarana kita menawarkan barang dan jasa yang kita tawarkan. monetisasi ini bisa berupa jasa pembuatan web, jasa seo, jual ebook dll.

Setelah anda mengetahui dan mempelajari beberapa poin dasar " Cara Menghasilkan Uang Dari Blog ", ada beberapa hal yg harus anda cermati dan pahami bahwasanya untuk bisa monetisasi blog tidak semudah yg kita bayangkan, perlu ketelitian, skill, pengalaman dan konsisten didalamnya. Waktu yg paling tepat dalam melakukan monetisasi blog anda, hanya anda yg mengetahui hal tersebut, ketika anda beranggapan blog sudah matang untuk dimonetisasi maka saat itulah blog anda siap untuk menghasilkan uang untuk anda.

Kesimpulan dalam artikel ini adalah lakukanlah " Monetisasi Blog Anda " ketika blog anda sudah matang untuk dimonetisasi. Perhatikan juga SEO blog anda apakah sudah maksimal atau belum, perhatikan jumlah pengunjung blog anda sudah banyak atau belum, respon terhadap blog anda sudah baik atau belum, jika anda anggap blog anda sudah bisa untuk menghasilkan maka segera lakukan monetisasi. Terus konsisten dalam mengkonversi blog anda agar menjadi pundi penghasilan yg layak bagi diri anda, jangan menyerah untuk terus berjalan di jalan blogger ini. Blog yg matang dan mantap untuk dimonetisasi adalah blog yg sudah berjalan 2 tahun lebih dengan pengunjung harian minimal 8000 visitor (Ini menurut saya) akan berbeda dengan cara anda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama