Cara Optimasi SEO OnPage Blog atau website


Poin Optimasi SEO OnPage Blog atau Website Anda

Untuk bisa bertanding dalam dunia seo banyak yang harus kita persiapkan, hal ini perlu kita lakukan karna search engine google, semakin lama semakin cerdas dan canggih dari tahun ke tahun. Faktor utama SEO adalah OnPage, SEO OnPage adalah cara robot google memberikan aturan main terhadap website yang akan dirangking dengan menggunakan beberapa aturan baku yang harus kita ikuti apabila kita mau atau ingin bertanding di search engine google, lantas hal atau poin apa saja yang menjadi patokan  google dalam merangking sebuah website?

Point SEO OnPage Blog atau Website


Poin Dasar yang harus terpenuhi dalam OnPage adalah :

1. Page Harus Mempunyai Judul Artikel

Dalam mengoptimasi sebuah website atau blog, hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat kontent yang berkulaitas, dan salah satu faktor supaya konten yang anda buat dapat di cari oleh pembaca adalah dengan membuat judul yang benar-benar banyak dicari oleh pembaca, atau anda harus berfikir ekstra keras dalam hal menetapkan judul konten atau artikel yang akan anda buat dengan tema tersebut, dengan memikirkan keyword yang akan kita gunakan di judul, untuk bisa menentapkan judul yang mempunyai banyak pembaca anda bisa baca artikel saya tentang "riset keyword" terlebih dahulu.

2. URL website harus SEO user Friendly

Hal yang kedua yang harus anda pastikan url pada artikel yang anda buat, sudah SEO Friendly bagi anda yang menggunakan blogspot seperti saya untuk membuilding sebuah blog, maka URL secara default sudah SEO Fiendly, contoh yang benar URL yang Friendly adalah sbb:
A. (Benar) http://www.tekinfom.com/p/panduan-belajar-seo-google.html
B. (Salah) http://www.tekinfom.com/p?1024
Pastikan URL Blog atau website anda dapat dipahami oleh orang awam seperti point A.


3. Artikel Harus mempunyai meta description

Faktor yang ketiga dari SEO OnPage adalah dengan memasang meta description pada artikel yang akan kita publikasikan, biasanya apabila anda tidak ingin ribet dengan penggunaan meta description, Secara default robot google akan membaca paragraf pertama yang kita tulis sebagai meta description, triknya adalah setiap keyword yang anda bidik harus ada pengulangan keyword pada paragraf pertama, yang mendukung judul yang akan kita buat.

4. Didalam Artikel harus mengandung H1, H2, H3, H4 dst.

Didalam setiap artikel unsuryang harus terpenuhi apabila artikel yang akan anda buat menjadi SEO Friendly adalah dengan menggunakan komponen H1, H2, H3, dst, akan tetapi biasa nya penggunaan Komponen Heading sudah cukup sampai Heading H2 atau H3 saja. Tips untuk anda gunakan keyword yang akan anda bidik di Komponen Heading, karna robot google sangat memperhatikan kaitan keyword judul, meta description dan komponen heading pada artikel.

5. Optimasi Konten sesuai dengan anjuran Google

Optimasi artikel sesuai dengan takaran yang wajar, pastikan minimal kata dalam artikel yang anda buat terdiri dari 500 suku kata, semakin banyak suku kata yang anda buat, maka akan semakin senang google mengindex situs anda.


6. Artikel minimal harus mempunyai gambar minimal 1 Gambar

Yang menjadi salah satu faktor yang tidak kalah pentingnya adalah komponen gambar yang akan menguatkan isi dari artikel yang anda buat, maka pastikan artikel yang anda buat mempunyai gambar pendukung minimal satu gambar dalam satu artikel, lebih baik lagi apabila anda mempunyai format video sebagai pendukung artikel yang anda buat, maka hal tersebut akan menjadi nilai plus dimata google.

7. Link Internal Website

Pastikan juga Internal website anda saling terhubung satu sama lain, lebih disederhanakan lagi pastikan website yang anda buat sudah suport artikel terkait, karna artikel terkait menjadi nilai tersendiri dimata google.

8. Link Autority dari portal ternama

Selain link di internal website, pastikan juga anda menautkan eksternal website yang mempunyai pembahasan satu niche pada artikel yang sedang anda tulis, karna tautan eksternal juga saat ini menjadi salah satu nilai plus dimata google, maksimal 3 url ke portal besar, diluar dari website kita.


9. kecepatan website / struktur HTML

Kecepatan website juga menjadi salah satu faktor penting dalam peranan SEO OnPage, semakin cepat website dikases maka akan semakin cepat pula robot google berkunjung ke website kita.

10. Respon / kecepatan server dalam menanggapi request

Respon Server juga menjadi Nilai bagi google, waktu server yang lambat akan mempengarui index google.


11. support mobile / minimal responsive themes

Pada update Algoritma google terbaru, website yang baik dimata google ada website yang support dengan mobile, salah satunya adalah penggunaan themes responsive.

Tools Online Pendukung OnPage :


  1. https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
  2. https://gtmetrix.com/
  3. http://chkme.com/


Dari 11 poin yangsudah saya jelaskan dengan singkat semoga bisa menambah wawasan anda tentang Cara Optimasi SEO OnPage, dan bisa langsung anda terapkan ke blog atau website anda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama